Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Tuesday, September 09, 2008

LIFETIME INVESTMENT – a reflection for exit point

Bismillaahirromaanirrohiim

Sering kita dengar orang berkata bahwa dibalik setiap kejadian pasti ada hikmahnya, tinggal kita mau mencarinya atau tidak.

Saya sangat beruntung diberi Allah kesempatan mengenal (dan sedang mempelajari) dunia investasi yang ternyata sangat concern terhadap masalah waktu/masa (time/timing), instrumen/produk investasi (yang baik) dan masalah psikologi (terutama kesabaran dalam menghadapi hawa nafsu yang bisa bikin logika mati).

Mengenai hal ini sebenarnya sudah diingatkan Allah dalam surat Al-‘Ashr: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati dalam kebaikan dan nasehat menasehati dalam kesabaran”.

Maka sangat tepat jika firman Allah di atas kita aplikasikan dalam dunia investasi yang sangat memperhatikan aspek time/timing, produk yang baik dan sabar serta tidak tamak. Dan blog/portal/milis/chat room adalah salah satu sarana untuk saling nasehat menasehati dalam menentukan pilihan instrumen investasi, produk yang baik dan cara investasi agar semua dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Dalam konteks yang lebih luas… jauh sebelum kita tau apa itu investasi, yaitu ketika masih berada dalam alam ruh, sebenarnya kita sudah melakukan “trading” dengan Allah, yaitu ketika Allah mengambil sumpah kita untuk mengakui bahwa Dia – Allah – adalah Tuhan kita, sehingga bagi yang berani mengambil sumpah tersebut maka dia bisa hadir ke dunia ini dengan membawa sumpahnya dengan risk (neraka) dan reward (surga).

Mungkin tidak berlebihan jika dikatakan bahwa kita sudah memilih untuk entry ke dunia dan melakukan berbagai macam investasi di dalamnya… pertanyaannya adalah apakah kita sudah memilih instrumen investasi yang baik dan benar, dan apakah kita sudah tau dimana dan bagaimana dan sudah merancang exitnya?

Well… itu sebabnya pada dasarnya hidup adalah lifetime investment yang risk dan returnnya juga bisa kita dapatkan di dunia, di kubur dan di akherat nanti. Semoga pilihan kita selalu di jalan lurus yang diredhoi Allah sehingga bisa selamat di dunia, di kubur dan di akherat… aamiin…..

Syariah way is more than just investing. Tinggalkan produk dan cara-cara yang haram, pilih yang halal. Tidak sedikitpun aspek kehidupan di dunia ini yang luput dari pengaturan agama, bawalah iman dan agama kemanapun dan apapun yang kita lakukan, agar bisa selamat menemukan exit yang baik dari kehidupan ini atau bahasa kerennya: khusnul khotimah – akhir/exit yang baik.

Mu’allaf Investor/Trader/Analyst

Eco Syariah

Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.