Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Wednesday, March 21, 2012

Tips Singkat Cara Membaca Candlestick

Tips singkat ini berdasarkan catatan belajar, pemahaman dan pemakaian saya selama ini.

Saya pernah baca tentang candlestick... bahwa hal terpenting dalam melihat, membaca dan memahami candlestick adalah lokasinya berada dimana ? Plus jika ada pattern/pola Bullish Bearish atau Countinuation yang terbentuk dan dikonfirmasi oleh indikator.

1) Apakah di swing top --> jika iya, apakah dia pola candle reversal, jika iya, apakah indikator juga overbought, jika iya... kita tinggal menunggu harga akan berbalik turun.

2) Apakah di swing bottom --> jika iya, apakah dia pola candle reversal, jika iya, apakah indikator juga oversold, jika iya... kita tinggal menunggu harga akan berbalik naik.

Selain itu perhatikan juga lokasi closenya... apakah di atas resistance/support (RS) atau di bawahnya. Dan kombinasikan dengan TA Tools lainnya semacam RSI, Stochastic, W%R, Bollinger Band, dll.
1) Jika close di atas RS --> maka harga cenderung akan naik.
2) Jika close di bawah RS --> maka harga cenderung akan turun.

Selain itu perhatikan juga High Low atau yang biasa disebut tail/ekor.

1) Jika High dan Low hari ini lebih tinggi dari High dan Low kemarin, ini adalah sinyal bullish candle sehingga harga cenderung masih akan naik... waspada kalau lokasinya berada di top (BB) dan ada bearish pattern yang didukung oleh indikator, karena harga bisa berbalik (lihat lagi penjelasan di atas).


2) Jika High dan Low hari ini lebih rendah dari High dan Low kemarin, ini adalah sinyal bearish candle sehingga harga cenderung masih akan turun... waspada kalau lokasinya berada di bottom (BB) dan ada bullish pattern yang didukung oleh indikator, karena harga bisa berbalik (lihat lagi penjelasan di atas).

3) Jika High dan Low hari ini sama dengan High dan Low kemarin, maka ini adalah sinyal kalau harga cenderung flat/datar/sideways... perhatikan penembusan support resistance atau trendline nya. Kemana harga cenderung bergerak ?
a) Jika Resistance yang ditembus, maka harga cenderung akan naik.
b) Jika Support yang ditembus, maka harga cenderung akan turun.


Semoga tips singkat ini membantu dan mempermudah proses belajar kita membaca candlestick.


Candlestick ??? jangan lupa 3 hal penting...
1) LOKASI
2) LOKASI dan
3) LOKASI

Jangan begitu saja percaya dengan TA Katrok ini... selalu always belajar, recek lagi dan percaya dengan TA dan chart Anda.

Semoga bermanfaat.
Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.