Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Friday, October 17, 2008

Potret IHSG & DJI_16102008

Temans,

Semalam index Dow Jones ditutup menguat pada level 8979.26 atau menguat sebesar 4.68%. Kalau kemaren IHSG terimbas turunnya Dow Jones pada hari Rabu 15 Okt 2008, apakah hari ini IHSG akan terimbas oleh kenaikan Dow semalam ?















Pada daily chart IHSG tampak bahwa IHSG masih kuat untuk close di atas level 1443 (level ini saya anggap support kuat yang jika ditembus atau IHSG close di bawahnya, maka besar kemungkinan IHSG akan menuju ke 1280 sebagai support kedua, dan jika support ini ditembus juga maka IHSG akan menuju ke support terakhir di level 1219,34).

Kemampuan IHSG untuk close di atas level 1443 merupakan sinyal positif yang tidak terlepas dari program buyback dan sistem auto rejection 10%. Dan jika kita hubungkan dengan sentimen positif dari indeks Dow semalam, besar kemungkinan IHSG akan mengalamai penguatan pada hari ini, sekaligus menuntaskan prediksi saya bahwa minggu ini IHSG ditutup menguat.

Namun secara teknikal, pada daily chart IHSG tidak dalam posisi yang bagus. Selain masih dalam bearish trend, RSI dan Reva juga pointing down plus titik merah merupakan sinyal downtrend. Apakah sinyal-sinyal ini akan berbalik hari ini? Semua tergantung dari seberapa besar pengaruh sentimen positif pasar saat ini terhadap perilaku trading investor. Selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan trading merupakan jalan terbaik dalam situasi apapun... terlebih dalam situasi saat ini yang penuh ketidakpastian dan kekhawatiran terhadap krisis keuangan dunia.

Tahukah anda, pada sesi satu kemarin Dow masih dalam posisi minus sebesar 100 point lebih (saya tidak mencatat angka pastinya), dan baru sekitar 1 jam terakhir Dow mengalami rally dan berhasil ditutup menguat. Dari sini kita bisa belajar, bahwa kita tidak boleh menyerah sebelum pertandingan selesai (seperti sepakbola dan cabang olah raga lainnya). Bayangkan kalau anda ingin menjual saham anda, tapi anda tidak sabar karena melihat pasar yang tidak bergerak naik, kemudian anda mematikan atau meninggalkan komputer, padahal kenaikan itu terjadi pada akhir sesi?... mungkin anda akan menyanyikan lagu... nyangkut lagi nyangkut lagi... hehehe…

Semoga bermanfaat.

ES

Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu

DISCLAIMER ON Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.