Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Monday, November 17, 2008

Evaluasi_Saham Pilihan Ku_14 11 2008

Dear Ecos,

Pelajaran kita hari ini terkait dengan "cantiknya" sinyal TA yang tidak berdaya dengan kemauan pasar.

Itulah yang terjadi dengan PTBA hari ini 17 Nov 2008. Semua sinyal positif TA sehari sebelumnya digagalkan begitu saja oleh kuatnya sentimen negatif pasar baik regional maupun global.

Seperti yang diwanti-wantikan, bahwa ada korelasi kuat antara harga crude oil dengan batubara. Sehingga apabila harga crude oil turun maka kecenderungannya adalah harga saham batubara pun cenderung turun, dan hal inilah yang terjadi pada PTBA hari ini.

Semoga ini bisa menjadi pelajaran ke depan, bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan teknikal analisis (TA) tapi juga harus mampu membaca korelasi antar pasar (Intermarket Analysis), karena pasar itulah yang menentukan/membentuk harga.

Yang saya mengerti (CMIIW), hal ini dikenal dengan TOP DOWN ANALYSIS, yaitu membaca arah pasar dari atas (Bursa Global/Regional/Lokal) ke bawah (Sektoral/Komoditas/Saham).

Please welcome, kalau temans mau sharing tentang korelasi satu sektor dengan sektor lainnya atau hal-hal yang terkait dengan intermarket analysis.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

ES

Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu

DISCLAIMER ON Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.