Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Tuesday, January 06, 2009

Mengapa Manajemen Modal - Money Management - Itu Penting ? - 2

... sambungan...

Apakah anda termasuk jenis trader seperti yang dijelaskan di atas ? Jika ya, jangan khawatir anda tidak sendiri dan anda berada pada jalur yang benar jika melanjutkan membaca materi ini hingga selesai.

Banyak trader yang tau akan pentingnya money manajemen tapi sayangnya sangat sedikit yang menggunakannya. Itu sebabnya lebih banyak trader yang gagal daripada yang berhasil.

Betapapun bagusnya chart selalu ada peluang bahwa harga bergerak berlawan dengan prediksi, sehingga mengakibatkan anda menderita kerugian. Pertanyaannya, seberapa besar kemungkinan kerugian yang akan anda alami ?

Memiliki suatu metode efektif dalam menentukan kapan waktunya melakukan trading sama pentingnya dengan memiliki suatu metodologi untuk menentukan berapa besar resiko yang bersedia anda tanggung.

Ketika sudah masuk ke pasar, maka pasar akan bertindak dan bergerak semaunya. Kita tidak dapat mengontrol pasar. Tapi ada satu komponen yang harus bisa kita control, yaitu money management kita. MM inilah salah satu kunci keberhasilan dalam trading.

Jadi MM perlu alias wajib karena:

  1. Kita tidak bisa mengontrol pasar, tapi kita bisa mengontrol modal dan resiko yang kita transaksikan.
  2. Kita bisa menentukan berapa besar modal yang diperlukan untuk suatu tingkat resiko yang bersedia kita tanggung pada setiap transaksi.
  3. Dengan modal dan resiko tertentu kita bisa menentukan berapa banyak saham yang harus dibeli (position sizing).
  4. Dengan memiliki kemampuan mengontrol modal dan resiko, maka kita memiliki pertahanan dan benteng yang kuat dalam menghadapi “pertempuran” di pasar saham yang penuh ketidakpastian itu
  5. Trading System atau strategi yang bagus menjadi tidak berarti tanpa diikuti dengan manajemen keuangan.
Dengan manajemen keuangan yang baik kita bisa melindungi modal sehingga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bertahan di pasar dan mendapat keuntungan.

Semoga bermanfaat.

ES

Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu

DISCLAIMER ON Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.