Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Monday, January 05, 2009

Mengapa Manajemen Modal - Money Management - Itu Penting ?


William O’neill mengatakan, “Rahasia untuk berhasil di pasar saham adalah membuat kerugian yang sekecil mungkin jika anda membuat keputusan yang salah”.

MM adalah sesuatu yang sering dibicarakan tapi sangat jarang dilaksanakan dalam trading. Alasannya sederhana, karena MM dianggap sebagai beban dan kegiatan yang tidak menyenangkan. MM dianggap memaksa trader untuk terus menerus memonitor posisi mereka dan bersedia menerima kerugian apabila terjadi, hal inilah yang sangat sedikit orang mampu melakukannya, padahal menerima kerugian sesuai MM sangat penting untuk kesuksesan dalam trading jangka panjang.

Sudah banyak kisah trader yang ditulis dalam buku-buku trading, bahwa mereka kehilangan profit yang telah dicapai dalam satu, dua atau bahkan lima tahunan hanya dalam satu kali trading yang salah.

Umumnya kerugian yang dialami secara terus menerus adalah karena MM yang terlalu longgar, stop loss yang diabaikan, sering average down saat terjadi penurunan yang panjang dan average up saat terjadi kenaikan jangka pendek. Hal ini menunjukkan bahwa trader yang sering loss adalah karena tidak disiplin.

Apabila hal ini tidak segera diperbaiki, maka trader tidak akan dapat bertahan lama di pasar. Tanpa MM yang baik dan disiplin tinggi dalam trading, maka jangan berharap untuk menjadi trader sukses.

Perbedaan mendasar antara trader pemula dengan trader professional adalah pemula tidak menggunakan money manajemen dan sering average down, sedangkan trader pro menggunakan money manajemen.

Umumnya para trader dapat menjelaskan metode yang mereka gunakan dalam melakukan suatu entry dan exit. Namun, hanya sedikit yang bisa menjelaskan metode yang digunakan dalam memanaje modal dan resiko yang ditanggung pada setiap kali melakukan trading.

Bersambung...

Semoga bermanfaat.

ES

Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu

DISCLAIMER ON
Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.