Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Saturday, September 15, 2012

Perlukah Belajar TA (Teknikal Analisis) ?

Yang saya fahami, sinyal TA itu hanya berlaku pada hari itu... pada candle terakhir. Besoknya bisa saja sinyal TA yang top markotop dikalahkan oleh pergerakan harga... demikian sebaliknya, sinyal TA yang super jelex bisa saja besok menjadi sinyal yang top markotop.

Itu makanya sering kita dengar kalau TA itu sebuah kecenderungan/probabilitas dan bukan kepastian. Awal-awal dulu, saya sering ketipu (sekarang juga masih sih... hiiks)... saya menganggap bahwa harga akan bergerak sesuai dengan sinyal TA... padahal TIDAK, tapi kalau cenderung IYA.

Mungkin ungkapan yang mengatakan "kemarin adalah sejarah, sekarang adalah kepastian, dan besok adalah misteri" ada kaitannya dengan TA... jangan-jangan yang bikin ungkapan itu juga belajar TA... hehehe...

Lantas, apakah TA tidak berguna ? ... berguna sekali... terutama untuk melihat kecenderungan pergerakan harga. Tanpa TA kita seperti orang buta yang mengarungi gelombang pasar, jual beli saham tanpa dasar/alasan yang benar, sekedar ikut-ikutan.

Seperti yang disarankan banyak pakar TA, pelajarilah indikator TA yang Anda sukai dan kuasai betul karakter dan sinyal-sinyalnya. Tapi jangan jadikan TA sebuah kepastian.




Insya Allah bermanfaat.
Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.