Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Saturday, March 05, 2011

Alternatif TA Tools

Copas dari draft email yang akan saya post ke milis... please refer ke posting2 sebelumnya di blog ini untuk hal-hal yang ada kaitannya.


=======================================
Dear All,

Sekedar sharing pendapat alternatif TA tools yang bisa dipakai pada saat kita dan banyak orang/pakar/analis yg menjadi panutan kita juga  kebingungan mengenai arah pasar.

Ketika kondisi yg dikatakan "saat ini JKSE sulit diprediksi dengan tools TA apapun", maka saya percaya tidak percaya dengan statement tsb...
Saya coba buka-buka chart dgn tools TA yg selama ini saya oprek... dan tepatnya tgl 11 Feb 2011 tanpa sengaja melihat pola Arrow kemudian diikuti dengan pola Popgun di weekly chart JKSE (silahkan lihat posting pertama dan update pola ini di Catatan Belajar saya).

Kedua pola ini memberikan batasan yang jelas mengenai support dan resistance pola tsb... dan pemahaman simple nya jika resistance yg ditembus maka harga akan cenderung bergerak ke atas dan sebaliknya jika support yg ditembus maka harga akan cenderung bergerak ke bawah.

Sebelumnya saya getol pakai pola ini... bahkan saya masukkan ke dalam explorer/scanner, meskipun belakangan tidak saya pakai (karena harus sabar nunggu konfimasinya yg bisa cepat bisa juga lama), tapi saya tetap percaya dgn pola ini... krn itulah ketika menemukannya di JKSE Weekly maka saya yakin pola ini bisa membantu untuk mengetahui arah JKSE.

Kalau mau bandingkan dengan pola Symmetrical Triangle (ST) per definisi AFL buatan Vinod... maka di chart saya kejadiannya sbb:

1) Pola ST muncul tgl 04 Feb 2011
2) Tgl 09 Feb harga tembus support pola dan diikuti satu hari penurunan lagi pd tgl 10 Feb.
3) Tgl 11 Feb harga kembali bergerak naik... dan pola ST (sedikit berubah bentuknya) terjadi lagi sd tgl 02 Mar 2011 (catatan saya lho).
4) Tgl 04 Maret 2011 harga BREAK UP resistance pola ST... bersamaan dengan BREAK UP resistance pola Popgun.

Simple tools lain adalah EMA34 Weekly... chartnya sudah bolak-balik saya post di Catatan Belajar saya maupun di milis... rulesnya juga simple: Jika harga tembus dan berada di atas EMA34W maka harga cenderung stay above dan bergerak ke atas... sebaliknya jika harga tembus dan berada di bawah EMA34W maka harga cenderung stay below dan bergerak ke bawah. Sebaiknya gunakan indikator sebagai konfirmasinya... saat ini saya pakai Spearman Indicator... MACD atau indicator apapun yang ada OB OS nya saya yakin juga bisa.

Mudah-mudahan dari sharing ini... bisa diambil kesimpulan pola mana yang cocok dengan style masing2 dan pola mana yang relatif memberi kenyamanan dalam penantian arah harga selanjutnya... dan mari kita lihat bagaimana pengaruh dari penembusan kedua resistance pola ini... kalau tidak salah kemarin tembus dengan dukungan volume saham2 bigcap dan foreign net buy. CMIIW

Jangan katakan pola/indikator/TA/Strategi apapun yang penting cuan... karena menurut saya statement yg penting cuan ini membuat anda malas belajar dan cenderung menjadi follower.

Maaf kepanjangan dan semoga ada manfaatnya.

Regards,
ES

PS:
- Kalo sempat Update penembusan pola Popgun dan Symmetrical Triangle akan saya post di Catatan Belajar saya
- Saya tidak/belum punya panutan pakar/analis TA... tapi manut analisa sendiri, hehehe... pakar/analis hanya sebagai pembanding
==============================

Semoga bermanfaat.
Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.