Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Wednesday, May 12, 2010

Trading Plan+MM = Kalkulator Saham = Harus Dimiliki

Hampir semua trader mengakui bahwa Trading Plan, Money Management dan Psikologi adalah hal penting yang harus dipahami dan dipraktekkan dengan disiplin jika ingin trading dengan benar dan baik sehingga bisa berhasil secara konsisten di pasar saham.

Selama ini rasanya fokus perhatian dan pembelajaran, training, kursus, seminar... lebih banyak ke TA/Chart dan sangat jarang mendiskusikan hal di atas.

Risk Management (dengan Rules 2% & 6% dan Position Size) yang saya posting beberapa waktu lalu... menunjukkan bahwa Buy Point dan Stop Loss Level sangat penting untuk menentukan position size per trade... Tapi yang diukur dalam contoh itu baru risknya, belum ada ukuran untuk rewardnya dan belum ada perhitungan gain/lossnya... alias kalau contoh itu bisa dilengkapi akan menjadi sebuah Kalkulator Saham. Di OLT saya memang sudah ada kalkulator saham, tapi di dalam perhitungannya belum ada perhitungan position size dan risk calculation.

Membuat persamaan Trading Plan+MM = Kalkulator Saham dengan perhitungan yang benar sebagai salah satu tools sebelum melakukan trading, merupakan keharusan bagi setiap trader.

Jika Trading Plan+MM = Kalkulator Saham bisa dilakukan dengan baik, maka trading akan lebih fun dan less of stress.


Semoga bermanfaat.

Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.