Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Sunday, March 31, 2013

TOP 36 Saham Sektoral NBSA Q1-2013

Dari catatan NBSA manual harian saya di pasar reguler BEI, di bawah adalah Tabel Rangking TOP 36 NBSA Q1-2013 dari saham-saham yang inventor asing paling banyak melakukan NET BUY dan NET SELL (dalam ribuan Rupiah).

Yang saya fikirkan (baru kepikiran lho...) :
1) Jika asing masih betah di BEI, maka saham-saham TOP 36 Net Buy akan menjadi 'kendaraan' investasi/trading yang relatif AMAN saat ini... tapi jika asing mulai tidak betah, maka saham-saham TOP 36 Net Buy ini akan menjadi 'ancaman' yang relatif mengerikan, apalagi jika asing buru-buru keluar dari BEI... kenapa ? karena dana mereka sangat besar pada saham-saham TOP 36 Net Buy ini, sehingga harga bisa meluncur drastis ke bawah.

2) Jika asing masih betah 'menukar' dan terus melakukan penjualan pada saham-saham TOP 36 Net Sell, maka saham-saham ini akan menjadi 'kendaraan' investasi/trading yang relatif KURANG AMAN saat ini... tapi jika asing mulai mengurangi tekanan jualnya dan mulai melakukan net buy pada saham-saham TOP 36 Net Sell ini, maka peluang meraih cuan akan lebih besar.

Sebelum menentukan pilihan saham, jangan lupa ya untuk memeriksa chartnya... pilih saham yang sejalan dengan NBSA nya... NBSA Positif idealnya chartnya uptrend, dan sebaliknya NBSA Negatif idealnya chartnya downtrend... reversal biasanya terjadi pada saat trendline/support resistance ditembus dan atau momentum indikator berbalik arah dengan dukungan kuat dari NBSA nya.

Oh iya... sejauh ini saya pakai kombinasi TA (trendline/momentum indikator/support resistance) dan NBSA untuk menentukan masuk atau keluar dari suatu saham.


Jangan begitu saja percaya... selalu always recek dan percaya dengan TABEL NBSA (kalau belum punya, sebaiknya bikin dah) dan jangan lupa recek juga chart Anda.

Insya Allah bermanfaat.
Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.