Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Sunday, April 15, 2012

TIPS: Pilih Sektor nya Dulu baru Pilih Saham nya

Buat teman-teman yang masih bingung (kaya saya) dalam memilih saham... TIPS di bawah ini mudah-mudahan sedikit membantu menghilangkan kebingungan dan kita bisa semakin mandiri dalam memilih saham.

Langkah-langkah 


1) Langkah Pertama: Pastikan dulu bahwa JKSE masih dalam kondisi ngUp-Trend (dalam timeframe trading Anda), sehingga resiko trading lebih kecil dibandingkan jika JKSE dalam kondisi donTrend. Jika masih Up-Trend maka lanjutkan ke langkah berikutnya.



2) Langkah Kedua: Pilih Sektor Terbaik, yaitu sektor yang sejalan atau menopang kenaikan JKSE tersebut.

Ada 4 sektor yang saat ini sedang ngup-trend dan melampaui performance JKSE (seperti terlihat pada chart Relative Performance Jan-13Apr 2010 di bawah). Dua sektor yang Best Performance, yaitu sektor Property dan sektor Trade & Service. Dan dua sektor yang sedang mau 'bangun' yaitu sektor AGRI dan sektor Infrastruktur.

Apakah sektor2 yang BEST Performance tsb masih akan lanjut ngup-trend ?
a) Kalau jawaban Anda 'YA' maka pilihlah sektor tersebut.
b) Kalau jawaban Anda 'Tidak' maka hindari sektor tersebut.
c) Kalau jawaban Anda "Ragu2' maka tinggalkanlah... take a break dulu kalau tidak ada sektor yang layak dipilih.

3) Langkah Ketiga: Pilih Saham yang Best Performance dari Sektor yang the Best tersebut.

a) Pilih saham yang juga sedang ngup-trend atau saham yang mendukung kenaikan sektor tersebut. Best sektornya adalah Property dan Trade & Service... sahamnya ?... jawabannya bisa dilihat pada chart berikut:

b) atau... Pilih saham di sektor yang baru 'merangkak' naik yaitu sektor AGRI dan sektor Infrastruktur.


c) Jika dikombinasikan maka saham2 dalam 4 Best Sector tersebut seperti terlihat pada chart berikut:


4) Langkah Keempat: Jika sudah dapat saham yang Best Performance, selanjutnya adalah periksa chart atau sinyal TA (yang Anda pakai) secara detail. Apakah saham tersebut layak dibeli atau belum ada sinyal beli atau sedang koreksi ? Biasanya saya tambahkan 'bumbu' data NBSA (Net Buy Sell Asing) untuk mendukung sinyal TA yang ada... contohnya bisa dilihat pada tabel berikut:


Tips ini terlihat ribet dan bertele-tele... akan tetapi jika Anda sudah terbiasa melakukannya dan menjadikannya sebagai Standard Operating Procedure (SOP) dalam memilih saham, maka yang tampak ribet dan bertele-tele ini menjadi simple dan menyenangkan. Dan yang terpenting Anda bisa trading dengan aman dan nyaman dengan pilihan yang serba the BEST.

Oh iya... jangan gunakan TIPS ini jika tidak sesuai dengan style Anda dan jangan begitu saja percaya dengan TIPS dan TA Katrok ini... selalu always recek dan percaya dengan TA dan chart Anda.

Semoga bermanfaat.
Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.