Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Saturday, May 11, 2013

Cara Pilih Saham Syariah dengan NBSA

Sharing  Catatan Cara (saya) Memilih Saham Syariah Berdasarkan data NBSA (Net Buy Sell Asing)

1. Pilih Sektor dengan NBSA Posistif
Sebelum saya menentukan saham apa yang akan dipilih, biasanya saya lihat dulu Sektor dan Subsektor apa yang investor asing sedang  melakukan net buy atau akumulasi. Meskipun pada saat itu harga sahamnya tidak selalu naik (sedang mengalami koreksi), tapi pada umumnya transaksi pada saham-saham dimana asing sedang net buy relatif lebih aman.

Di bawah ini adalah Tabel Summary NBSA All Sectors per 10 Mei 2013 yang memperlihatkan bahwa saat ini ada dua sektor dimana asing masih melakukan net buy, yaitu sektor Consumer Goods Industry dan sektor Trade, Service and Investment. Jadi sahamnya belum kelihatan.


2. Pilih Subsektor dengan NBSA Positif
Setelah diketahui Sektornya, berikutnya adalah memilih Subsektornya. Di bawah ini adalah Tabel Summary NBSA per Subsektor Consumer Goods Industry dan Subsektor Trade, Service and Investment. Subsektor yang saya warnai kuning adalah yang NBSA nya positif (asing melakukan net buy). Sahamnya masih belum kelihatan juga dan saya selalu cari di sektor/subsektor yang relatif nilai transaksinya besar alias likuid.


3. Pilih Saham Syariah dengan NBSA Positif dan Likuid
Pada Tabel di bawah ini, sahamnya sudah terlihat. Dan saya akan pilih hanya Saham Syariah dengan NBSA positif dan likuid.
Catatan: beberapa saham saya keluarkan dari tabel karena tidak ada transaksi NBSA nya atau nilainya terlalu kecil sehingga  file tidak terlalu besar. Kode saham yang diberi warna merah bukan saham syariah.

 

Sepintas cara ini terlalu panjang (apalagi saya melakukannya dengan Excel... cape dan waktu pengerjaannya lama), sehingga saya buat cara short cut yaitu langsung ke calon saham-saham pilihan. Meskipun tidak/belum sepenuhnya berhasil, karena belum bisa memperlihatkan sektor/subsektornya yang datanya masih harus di edit lagi, tapi sudah bisa dipakai. Jadi kalau ada posting dengan judul NBSA: Sinyal Bagus dan Jelek, itu adalah short cut dari cara di atas.

By the way, cara NBSA ini belum tentu cocok dengan Anda, apalagi jika Anda tidak punya data NBSA... Posting ini hanya sharing catatan cara saya menggunakan data NBSA. Jadi buatlah cara sendiri dimana Anda merasa cocok dan nyaman... dan yang penting cara tersebut berhasil jika diterapkan.

Jika Anda berminat menguji/menggunakan cara ini, data NBSA bisa diperoleh/dilihat di OLT atau web IDX. Jadi pastikan OLT Anda menyediakan data NBSA ini, dan lebih bagus kalau ada juga data NBSL nya (Net Buy Sell Lokal).

Jangan begitu saja percaya... selalu always belajar dan percaya dengan cara dan metode Anda.

Insya Allah bermanfaat.
Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.