Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Saturday, January 02, 2010

Terjemahan Artikel Support & Resistance - Posting Sebelumnya

DISCLAIMER
Transaksi Hanya Saham DES dan JII
Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu
Investasikan Hidup Mu Untuk Kematian Mu
( Catatan Ku )

Sebelumnya saya ada posting artikel Determining Support and Resistance yang ditulis Jim Wyckoff... waktu saya post juga di milis Saham_Syariah... mas Djaja minta terjemahannya... saya bilang kalau bahasa Inggris saya juga tulalit.

Tapi mengingat pentingnya Support dan Resistance dalam TA dan belum ada reply dari teman yg jago bahasa Inggris... maka saya upayakan menerjemahkan semampu dan sepemahaman saya... seperti berikut:

Mungkin teman-teman masih menikmati liburannya… saya coba terjemahkan secara bebas dan meringkasnya sepemahaman yg saya bisa... mohon koreksi perbaikannya… 


Kalau tidak salah, untuk menentukan support dan resistance, mas Jim W menjelaskan tools yg umum dan sering digunakan yaitu:

1. Bar chart dan data masa lalu untuk mencari High, Low dan Close yg sering disentuh. 


2. Major price tops and bottoms in markets are also major resistance and support levels. 


3. Gaps yg belum tertutup juga merupakan support and resistance levels yang very good. 


4. Trendline support and resistance is also very useful to the trader. Projecting these trendlines to determine future support and resistance areas is extremely effective. 


5. Jika ada "retracements" dari suatu trend utama pergerakan harga. Retracement adalah pergerakan harga yang berlawanan dengan trend atau yang biasa disebut "corrections." … misal: harga mulai uptrend dari 100 dan naik ke 200, kemudian harga berbalik ke 150… dan setelah itu melanjutkan kenaikannya ke level harga yang lebih tinggi. Maka bisa dikatakan bahwa 150 adalah Support kuat. Demikian dalam keadaan down trend.

Ada beberapa angka persentase retracement yang cukup bagus, yaitu : 33%, 50% and 67% dan dua angka Fibonacci yaitu 38% and 62%. Kelima angka persentase ini merupakan yg terbaik dalam mencari dan menentukan level support and resistance.

6. Menggunakan sudut geometris (geometric angles) yg dimulai dari suatu harga yg sangat penting. W.D. Gann adalah ahlinya dalam hal ini, dia juga menggunakan 5 angka persentase retracement di atas untuk menghitung angels nya.
 

7. Tools yang terakhir, adalah harga psikologis ("psychological" price levels)… yang umumnya berada pada level-level harga yang sangat significant.

Masih ada tools lain yg biasa dipakai trader dalam mencari dan menentukan Support dan Resistance… yang dijelaskan di atas merupakan tools yang sangat popular. 


Semoga tidak salah... aamiin...



Semoga bermanfaat.

Eco Syariah Share

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.