Text Islami

Sudahkan Anda Memikirkan & Mempersiapkan Kematian Anda ?

Muslim wajib menjaga lima perkara:

Agama, Akal, Kehormatan, Harta dan Jiwa

Percaya Hanya Pada Analisa Anda ... USAHA maksimal, SABAR dan DISIPLIN... lalu serahkan hasilnya pada Allah subhanahu wa ta'ala...

Saturday, April 11, 2009

Hikmah Sakit dan Wafatnya Ayahanda

Tahun ini memasuki tahun ketiga saya nganggur dan bulan ini genap satu tahun saya menggunakan Amibroker. Semenjak kena pengurangan pegawai saya bingung harus menghidupi keluarga saya – 4 anak dan mamanya. Kesempatan interview pekerjaan sudah saya coba… tapi sering terbentur masalah umur dan dideteksi potensi darah tinggi… sampai akhirnya saya menemukan dan merasa cocok dengan dunia saham… saya memilih AmiBroker sebagai alat bantu analisa karena cuma Ami yang saya lebih kenal waktu itu... dan ternyata pilihan saya tidak mengecewakan.

Didorong oleh kebutuhan hidup kami dan dengan semangat untuk mengejar ketertinggalan, maka saya ikut workshop dan kursus dasar saham serta basic amibroker… setelah itu, kegiatan saya jadi seperti kalong… setiap malam begadang, mengoprek AFL dan menulis Catatan Ku di blog… bahkan saking terlalu diforsir, saya terkena serangan darah tinggi yang melumpuhkan bagian sebelah kanan tubuh… rasanya kehidupan dunia saya akan berakhir… segala aktivitas berhenti karena lemah tidak berdaya dan tidak sanggup lagi mengerjakannya… saat ini tangan kanan saya masih lemah...


Salah satu acara siraman rohani di tv (juga ada websitenya)… membantu saya meraih kembali semangat hidup… dikatakan dalam Al-Qur’an (Awal penyakit menurut Al-Qur'an – sudah saya post di blog) bahwa:


“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah.” QS: As-Syuura 42 :30-31


“Barangsiapa yang mengerjakan dosa, maka sesungguhnya ia mengerjakannya untuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” QS: An-Nissa 4 :111


“Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang kecil (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (kejalan yang benar).” QS: As-Sajdah 32 : 21


Seperti yang kita tahu, khususnya sebagai muslim sering mendengar bahwa “Al-Qur’an adalah penyembuh segala penyakit” dan “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum apabila kaum itu tidak mau merubahnya”.


Saya bersyukur bisa menemukan acara tv ini, sehingga jadi tau dan menyadari kenapa saya sakit… azab kecil kelumpuhan adalah peringatan Allah agar saya kembali ke jalan yang diredhoi Allah... saya mulai melakukan evaluasi diri dan napak tilas ingatan semua kesalahan masa lalu hingga saat ini... dengan tulus ikhlas saya mohon ampun kepada Allah dan mohon maaf kepada anak istri, saudara2, kerabat, teman2 dan semuanya... sholat taubat dan sholat malam yang sebelumnya malas dikerjakan, saya usahakan dikerjakan lebih dahulu sebelum melihat chart dan AFL yang sedang dioprek.


Di tengah keterbatasan fisik karena tangan kanan saya masih lemah… saya terpaksa menggunakan satu tangan kiri untuk mengetik dan segala aktifitas yang dulunya didominasi tangan kanan... Saya selalu meyakinkan diri untuk tidak boleh menyerah dan putus asa dengan keadaaan... “Allah tidak akan menguji diluar batas kemampuan manusia”... saya harus bangkit kembali mencari nafkah untuk keluarga… apalagi 2 anak saya akan menghadapi ujian sekolah... dan keluarga masih perlu bimbingan untuk senantiasa berjalan di jalan yang diredhoi Allah SWT.


Dalam mencari nafkah, saya berpatokan dunia saham adalah dunia usaha, apapun dalam dunia saham yang mempunyai nilai jual bisa diupayakan asalkan mau belajar dan berusaha keras. Maka saya memilih membuat dan mengoprek AFL sehingga hasilnya bisa untuk membiayai kebutuhan hidup kami. Tapi sayang, AFL hasil buatan dan oprekan saya belum ada yang membeli… cuma sekedar nanya… kondisi ini memacu semangat saya untuk membuat yang lebih baik lagi… maklum masih belajar...


Jika dibandingkan dengan trader/investor yang bekerja sambil trading... tentu saya memiliki waktu lebih banyak untuk belajar Amibroker/oprek AFL. Saat ini, rata-rata saya di depan computer sekitar 14 jam per hari... tapi di lain pihak penghasilan saya kalah stabil dari mereka... “no pain no gain” kata orang.


Oleh karenanya, melalui penjualan AFL dan donasi ikhlas, sebenarnya saya juga ingin melakukan sharing pengetahuan kepada yang membutuhkannya. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengoprek AFL atau mereka yang menghadapi kendala dalam mengoprek AFL. Sama seperti lainnya, sharing ini tidak gratis. AFL yang saya buat dan oprek adalah hasil kerja keras yang harus saya hargai.


29 March 2009 – Ayahanda tersayang dipanggil kembali ke hadapan sang khalik, Allah SWT- sekitar jam 03:30 WIB saat saya mengetik tulisan ini. Beliau wafat di kota Tarakan Kalimantan Timur, sementara saya berada di tanah rantau Jakarta.......


Maaf karena cukup lama saya tidak posting di blog, saya baru kembali dari Tarakan.


Nasehat yang saya dapat dari sakit/lumpuh sebelah dan wafatnya ayahanda, di antaranya adalah:


1. Saya menyadari... diri saya dan manusia umumnya sangat lemah dan tak berdaya, hanya dengan karunia Allah manusia menjadi kuat dan sehat.

2. Saya jadi takut kalau ada perasaan sombong, karena itu sifat syetan.

3. Mengurangi, menahan diri dan menghilangkan amarah, dan menyalurkannya dengan cara yang lebih baik.

4. Jangan pernah meremehkan orang lain... siapapun dia, karena kita tidak pernah tau mana yang diwafatkan dalam keadaan baik / khusnul khotimah.

5. Lebih takut dan banyak mengingat mati, karena banyak dosa dan sedikit bekal untuk mati.

6. Berusaha terus mendekatkan diri kepada Allah SWT sesuai kemampuan.

7. Dan lain-lain.


Itu semua kini dan mudah-mudahan selamanya... menjadi kenangan masa lalu, mulai saat ini saya ingin sedekah oprekan AFL dan sharing AFL dengan cara yang berbeda. Silahkan pilih AFL apa saja yang ada di blog Saham Pilihan Ku, kemudian kita diskusikan dengan cara yang baik dan menyenangkan.


Sedikit catatan, bahwa sedekah saya bukan untuk transaksi yang menurut saya/MUI diharamkan, seperti saham non Daftar Efek Syariah (DES) yang berlaku, saham non Jakarta Islamic Index (JII), Short Sell, Margin Trading, Forex, dan lain-lain yang dilarang Islam/meragukan kehalalannya... tapi sedekah saya khusus untuk transaksi saham DES dan JII. Jadi jika anda melakukan transaksi selain saham DES dan JII, seperti saham perbankan konvensional atau yang didominasi transaksi berbunga... harap tidak menggunakan AFL sedekahan... lebih baik lagi kalau anda tidak bertanya.


Ingat, bahwa saya bukan ahli AFL... tapi senang ngoprek bahkan kalau bisa membuat AFL sendiri. Itu sebabnya saya juga memiliki keterbatasan. Banyak fungsi Amibroker yang belum saya mengerti dan masih dipelajari. Dan salah satu yang penting tapi belum saya pahami adalah backtest dan optimasi. Mudah-mudahan sedekah dan sharing ini bermanfaat.


Silahkan hubungi saya di blog dan jangan via email karena inbox saya sudah penuh berbagai macam email... takutnya gak kebaca... maaf kalau tanggapan tidak instant, karena saya juga masih belajar.


Sebelum dan sesudahnya saya mohon maaf atas segala dosa dan khilaf saya dan keluarga. Semoga teman-teman ikhlas memaafkan... aamiin...


Eco Syariah

(FYI: ini nama dunia internet saya)



Semoga bermanfaat.
ES
Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu
DISCLAIMER ON Share

2 comments:

  1. Assalamu'aalaikum. Semoga mas Eco tetap diberi kesabaran. Susah dan senang adalah ujian. Saya seorang perawat yang sedang mearantau di negeri orang. Tampaknya mas Eco kena stroke akibat darah tinggi. Apakah sudah diobati dan kapan mulai lumpuhnya? Disamping b erobat umum, saya sarankan agar mas Eco juga menjalani terapi Hijamah atau bekam dan obat2 herbal. Di Jakarta Timur ada seorang ustadz yang ahli di bidang ini, beliau adalah Ustadz kathur suhardi. kalo tidak salah di Jl.Cipinang cempedak IV no.42 Jaktim. Telp08129987037 atau 081314440363 (isterinya)

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalaam.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Sudah diobati 2X ke ahli pijat stroke tradisional waktu kena serangan aja... sekitar Desember 2008... terus berhenti krn dia juga megang yg bukan muhrimnya. Habis itu cuma terapi bekam rutin sama istri saya... sama minum herbal, khususnya habbatussauda atau jintan hitam.

    Waktu kena serangan, sebelah kanan lumpuh total... alhamdulillaah perlahan sudah bisa digerakkan... sekarang tangan dan kaki kanan masih lemah... kalau dipake nulis masih belepotan dan berjalan sedikit pincang...

    Sekali lagi terima kasih... dan tetap menjadi duta bangsa yang terhormat... aamiin...

    ES

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.